ecommerce
Informasi

Mengulik Sejarah E-commerce di Dunia

Kehadiran E-commerce telah mengubah cara bertransaksi di dunia bisnis sehingga prosesnya jauh lebih mudah, cepat, dan praktis. Konsumen tidak perlu repot membuang waktu datang langsung ke toko untuk berbelanja. Bisa dikatakan dunia digital telah mengubah cara berbelanja konvensional mulai memilih produk, menawar harga, hingga metode pembayaran serta pengiriman barang.

Pada akhirnya, konsumen pun merasakan adanya kenyamanan dan keamanan lebih dengan kehadiran E-commerce ini. Lalu, pertanyaannya sejak kapan E-commerce hadir di berbagai belahan dunia? Simak penjelasan di bawah ini tentang sejarah E-commerce dunia selengkapnya.

Pengertian E-commerce

Apa yang dimaksud dengan E-commerce? Mar i kita simak beberapa pengertian E-Commerce ini dari para ahlinya.

  • E-commerce merupakan rangkaian teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang dinamis, menghubungkan perusahaan, pelanggan, dan masyarakat melalui transaksi elektronik dan pertukaran barang, jasa, dan informasi secara elektronik. (Baum 1999)
  • E-commerce adalah sebuah cara berdagang atau berbelanja yang dilakukan secara online atau direct selling yang menggunakan fasilitas internet melalui situs yang menawarkan layanan “get and delivery”. (Mariza Arfina dan Robert Marpuang)

Di era digital ini E-commerce dunia berubah menjadi salah satu bisnis yang dianggap lebih menjanjikan untuk meraih profit besar. Perlu diketahui terdapat dua segmen E-commerce yaitu:

  • Business to Business (B2B) yaitu perdagangan antarpelaku usaha yang menggunakan mekanisme EDI (Electronic Data Interchange).
  • Business to Customer (B2C) yaitu perdagangan antarpelaku usaha dengan konsumen yang menggunakan mekanisme dengan berbagai pendekatan, seperti pendekatan dengan memakai konsep portal.

Sejarah E-commerce Dunia

Perkembangan internet menjadi faktor yang menentukan bagi perkembangan E-commerce dunia. Pasalnya, jaringan global ini menggabungkan jaringan komputer dunia, sehingga terjadi komunikasi serta interaksi di berbagai sudut dunia.

  • Internet menawarkan keunggulan dan daya tarik tersendiri bagi para pelaku bisnis dan para konsumen. Keunggulan yang ditawarkan seperti akses 24 jam/hari, kecepatan data, kenyamanan, efisiensi, ruang tanpa batas, sumber informasi, potensi teknologi, dan masih banyak lagi. Oleh karenanya, internet menjadi infrastruktur yang cocok bagi E-commerce dan membuat E-commerce ini identik dengan internet business.
  • Dalam dunia bisnis internet memberikan dampak perubahan yang menghadirkan paradigma baru yaitu Digital Marketing dan penerapan E-commerce. E-commerce pun menjadi solusi yang dapat membantu bisnis untuk berkembang dan bersiap menghadapi persaingan yang semakin berat. E-commerce mampu mendorong efisiensi biaya serta meningkatkan produktivitas bisnis.
  • Komersialisasi di internet mulai marak di awal tahun 1990-an hingga istilah E-commerce ini pun mulai dikenal banyak orang. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Texas University, sektor E-commerce ini menjadi sektor usaha yang tumbuh paling cepat di antara 2000 perusahaan online yang diteliti.
  • Perkembangan E-commerce dunia sangat dipengaruhi jasa Tiim Barness-Lee, yang merupakan penemu web browser untuk akses server www (word wide web).
  • Pada tahun 1994 diluncurkan situs online pertama dunia yang disebut intershop dari perusahaan Jerman, yang diikuti amazon.com serta ebay.com.
  • Pada tahun 2006 pendapatan E-commerce di internet meraup jumlah fantastis hingga triliunan dolar. Hal ini disebabkan adanya perkembangan software dan jaringan protokol serta adanya persaingan ketat serta tekanan pada bisnis.
  • Sedangkan perusahaan raksasa Google baru memulai kiprah E-commerce di tahun 1998 dan disusul oleh Yahoo sebagai kompetitor yang mengusung Yahoo Stores.

Nah, itulah penjelasan tentang sejarah E-commerce dunia yang mengalami perkembangan sangat pesat, meski tidak terlepas dari berbagai kelemahan. Hal ini terbukti dari hasil survei di Amerika Serikat tentang kepuasan pelanggan terhadap transaksi E-commerce yang cukup tinggi. Semoga bermanfaat.